Rabu, 13 Juli 2011

kuliner




Makanan dalam jepretan kamera ini namanya nasi goreng Jayawijaya. Sesuai namanya, nasi goreng ini tersaji di sebuah tempat makan di Jayapura, Papua, Indonesia.

Pertama kali saya menginjakkan kaki di Jayapura (Juni 2010), saya tidak langsung "jelajah" ataupun orientasi medan. Perjalanan di udara yang hampir tujuh jam membuat badan terasa pegal. Saya memilih istirahat, mengingat esok harinya harus bertandang ke beberapa instansi pemerintahan di Jayapura.

Pilihan tempat menginap adalah di hotel Aston. Perkenalan saya dengan nasi goreng Jayawijaya terjadi saat saya harus mengakses internet via laptop, mau tidak mau saya harus masuk restoran hotel, untuk mendapat pasword internet.

", silahkan Ibu, pilih menunya" dengan ramah dan senyum mengembang, seorang perempuan muda hitam manis dengan rambut ikal yang dikepang kuda kecil-kecil, pekerja restoran, menyodorkan selembar kertas bertuliskan sederet menu makanan dan minuman.

Nasi Goreng Jayawijaya dan es palu betung. Satu kata di belakang nasi goreng membuat saya tertarik memilihnya. Sebelum menu yang saya pesan tersaji di meja, sambil tastus di laptop, saya membayangkan rupa dan rasa pilihan makan malam saya itu.
"Mungkin disusun menyerupai bentuk gunung.di bagian sisi gundukan nasinya, dilapisi makanan berwarna putih, menyerupai salju. pasti gurih rempah", gumam saya dalam imaji.

"Silahkan Ibu, nasi goreng Jayawijaya dan es palu betung". Pesanan saya datang. Ternyata tidak seperti gunung. Di atas nasi goreng tersusun pisang goreng tepung yang di goreng kering, terbuat dari pisang kepok. Di sisi lain, ditaburi bumbu cair lengket berwarna putih seperti getah karet (belakangan baru saya tahu, cairan putih itu adalah sagu). Nasi goreng ini rasanya sangat gurih dan unik. Aroma rempah-rempahnya sangat terasa di lidah. Buat saya porsinya sangat banyak, namun habis juga. Porsi makanan yang di jual di tempat-tempat makan di Jayapura memang porsi besar.


Ket : Foto-foto diambil oleh Adiani Viviana pada Juni 2010 menggunakan kamera handphone Nokia 6275i

Tidak ada komentar: